LapakViral24

Website Berita TerViral Sepanjang Masa

Health

Keretek Tubuh Memang Lega, Namun Memiliki Dampak Negatif!

Keretek Tubuh Memang Lega, Namun Memiliki Dampak Negatif!
Keretek Tubuh Memang Lega, Namun Memiliki Dampak Negatif!

Keretek Tubuh Berfungsi Untuk Menghilangkan Rasa Pegal Atau Capek Dari Tubuh Seseorang Sampai Mengeluarkan Suara “Krek”. Suara ini seringkali terdengar ketika seseorang menekan posisi atau melakukan gerakan tertentu. Meskipun suara ini sering di anggap sebagai cara untuk mengungkapkan rasa enak karena sudah tidak pegal lagi. Namun, jika keretek di sertai dengan rasa sakit, bengkak atau keterbatasan gerak, itu bisa menjadi tanda adanya masalah medis yang lebih serius. Seperti radang sendi, cedera pada ligamen atau gangguan pada struktur sendi. Dalam kasus seperti ini, di sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Pemeriksaan medis dapat membantu menentukan apakah suara keretek tersebut merupakan gejala dari kondisi kesehatan yang memerlukan perhatian. Atau hanya kondisi yang umum terjadi.

Salah satu tujuan melakukan Keretek Tubuh adalah untuk menghilangkan rasa pegal dari tubuh. Namun, ini sebenarnya pelepasan gas dari sendi. Sendi di tubuh kita memiliki rongga yang berisi cairan sinovial, yang berfungsi sebagai pelumas. Ketika sendi di gerakkan atau di regangkan, maka tekanan dalam rongga sendi berubah. Sehingga, menyebabkan gelembung gas yang ada dalam cairan sinovial pecah dan menghasilkan bunyi “kretek”. Hal ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menunjukkan adanya masalah medis serius.

Selain itu, Keretek Tubuh juga dapat di sebabkan oleh pergeseran ligamen atau tendon yang melintas di atas tulang atau sendi. Saat seseorang melakukan gerakan tertentu, ligamen atau tendon ini mungkin bergerak dan menghasilkan suara ketika berinteraksi dengan permukaan tulang atau sendi. Meskipun suara ini bisa terdengar mengganggu, biasanya tidak menunjukkan adanya kerusakan atau gangguan pada struktur sendi atau jaringan sekitarnya.

Dampak Negatif Sering Keretek Tubuh

Sering membunyikan tubuh atau melakukan kretek tubuh sebenarnya di anggap sebagai kebiasaan yang tidak berbahaya. Namun, tetap dapat memiliki beberapa dampak negatif, terutama jika dilakukan secara berlebihan atau tidak dengan cara yang benar. Salah satu Dampak Negatif Sering Keretek Tubuh adalah risiko cedera pada sendi atau jaringan sekitarnya. Jika seseorang terus-menerus memaksa sendi untuk berbunyi atau melakukan gerakan yang tidak normal. Maka tentu saja dapat menyebabkan ketegangan atau iritasi pada ligamen, tendon atau kapsul sendi. Dalam kasus yang lebih parah, bisa menyebabkan kondisi seperti sindrom sendi atau cedera mikro yang dapat menambah risiko masalah sendi.

Selain itu, melakukan keretek tubuh secara berlebihan dapat menyebabkan stres pada struktur sendi dan jaringan lunak di sekitarnya. Ketika sendi sering di buka dan di tutup dengan tekanan atau gerakan yang berlebihan. Maka, dapat mempercepat proses penuaan sendi dan menyebabkan penurunan kualitas tulang rawan, yang dapat berujung pada kondisi seperti osteoartritis. Penurunan kualitas tulang rawan dapat menyebabkan nyeri dan keterbatasan gerak, sehingga mempengaruhi kenyamanan hidup seseorang. Bahkan, kebiasaan sering membunyikan tubuh juga dapat menyebabkan perubahan postural atau gangguan pada mekanika tubuh. Jika seseorang sering melakukan gerakan yang tidak sesuai dengan pola gerak alami tubuh, maka dapat mempengaruhi keseimbangan dan koordinasi tubuh. Misalnya, kebiasaan membunyikan tulang belakang secara berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot atau mempengaruhi aliran darah dan saraf. Kondisi ini tentu saja dapat mempengaruhi postur tubuh seseorang.

Namun, sebaiknya bedakan antara kebiasaan membunyikan tubuh yang tidak menyebabkan masalah dan kebiasaan yang menunjukkan adanya masalah medis. Jika membunyikan tubuh di sertai dengan rasa sakit, ketidaknyamanan atau bengkak, maka bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius. Seperti radang sendi, cedera, atau gangguan struktural. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter  untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang di perlukan.

Prinsip Dasar Dari Terapi Chiropractic

Terapi chiropractic adalah bentuk perawatan alternatif yang fokus pada diagnosis dan penanganan gangguan pada sistem musculoskeletal. Terutama yang melibatkan tulang belakang. Prinsip Dasar Dari Terapi Chiropractic adalah ketidakseimbangan atau disfungsi pada tulang belakang dan struktur tubuh lainnya. Terapi ini bertujuan untuk memperbaiki gangguan tersebut melalui teknik manual, seperti penyesuaian tulang belakang. Sehingga berguna untuk memulihkan fungsi normal sistem saraf dan muskuloskeletal. Teknik ini dilakukan dengan cara menerapkan tekanan lembut pada sendi atau tulang belakang untuk mengembalikan posisi atau gerakan yang normal. Penyesuaian ini dapat membantu mengurangi nyeri, meningkatkan rentang gerak dan memperbaiki fungsi tubuh. Terapi chiropractic juga sering melibatkan penggunaan teknik tambahan seperti terapi fisik, latihan rehabilitasi dan perubahan gaya hidup.

Manfaat terapi chiropractic sering kali meliputi pengurangan nyeri punggung, nyeri leher dan sakit kepala, serta peningkatan fungsi dan fleksibilitas. Banyak pasien menyatakan ada perbaikan dalam kenyamanan hidup mereka setelah menjalani terapi chiropractic. Khususnya dengan pengurangan gejala dan peningkatan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Terapi ini juga dapat membantu dalam penanganan kondisi seperti sindrom terowongan karpal, nyeri sendi dan gangguan postural.

Namun, meskipun banyak orang mendapatkan manfaat dari terapi chiropractic, terapi ini tidak selalu cocok untuk semua orang. Beberapa kondisi medis, seperti fraktur tulang belakang, infeksi atau tumor, mungkin memerlukan perawatan medis yang berbeda. Sebelum memulai terapi chiropractic, di sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa terapi ini sesuai dengan kondisi kesehatan individu. Dan untuk menentukan apakah ada kontraindikasi atau risiko yang perlu di pertimbangkan.

Area Yang Tidak Di Sarankan Untuk Keretek Tubuh

Meskipun membunyikan atau melakukan “keretek tubuh” pada bagian tubuh tertentu mungkin terasa menyenangkan atau memberikan sensasi lega. Namun, ada beberapa area tubuh yang sebaiknya tidak di keretek tubuh, karena dapat menyebabkan cedera atau masalah kesehatan serius. Salah satu Area Yang Tidak Di Sarankan Untuk Keretek Tubuh adalah tulang belakang, terutama tanpa pengawasan atau teknik yang tepat. Tulang belakang adalah struktur yang sangat penting dan kompleks yang mendukung seluruh tubuh dan melindungi sumsum tulang belakang. Membunyikan tulang belakang secara tidak benar atau berlebihan dapat menyebabkan ketegangan pada ligamen, otot atau bahkan memengaruhi saraf. Ketegangan ini dapat berpotensi menyebabkan nyeri, cedera atau gangguan pada fungsi saraf.

Bagian tubuh lain yang harus di hindari dari kebiasaan membunyikan atau “keretek” adalah sendi-sendi besar seperti lutut, pinggul dan bahu. Menggerakkan atau membunyikan sendi-sendi ini dengan cara yang tidak sesuai atau berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada struktur sendi. Sehingga, meningkatkan risiko terjadinya cedera, peradangan atau gangguan seperti sindrom sendi atau osteoartritis. Perawatan dan penyesuaian yang tidak tepat pada sendi ini dapat mempengaruhi fungsinya dan mengakibatkan masalah jangka panjang.

Selain itu, area seperti leher juga harus di hindari dari kebiasaan membunyikan secara sembarangan. Leher adalah bagian tubuh yang sangat sensitif dan berdekatan dengan saraf dan pembuluh darah utama. Perubahan posisi leher yang tiba-tiba dan tidak tepat dapat menekan saraf dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah. Jadi, jangan sembarangan Keretek Tubuh!